Aturan Emisi, Yamaha R1 Produksi Masal Akan Gunakan Teknologi MotoGP

176 views
kokipoker

Produsen Yamaha saat dikabarkan tengah mempersiapkan teknologi terbaru yang akan disematkan pada model R1 produksi masalnya. Langkah ini dilakukan terkait regulasi emisi yang diterapkan banyak negara saat ini.

Rencana penggunaan teknologi terbaru yang akan disematkan pada R1 diketahui melalui pengajuan paten yang tengah diajukan Yamaha. Aturan regulasi menjadi salah satu alasan Yamaha akan menerapkan teknologi canggih pada tunggangan paling buas yang dipasarkannya ini.

Peraturan emisi di Eropa saat ini memberlakukan regulasi yang benar-benar harus dipenuhi produsen sepeda motor. Salah satu produsen yang terkena regulasi tersebut yakni Suzuki Hayabusa yang tahun ini tak diperbolehkan lagi menjual model kendaraan dengan spesifikasi lama karena tidak memenuhi aturan emisi yang ditetapkan.

Bahkan beberapa negara tersebut menerapkan aturan yang cukup ketat, dimana produsen tak boleh lagi menjual sepeda motornya jika tidak menyesuaikan dengan aturan regulasi yang berlaku di Eropa. Demikian seperti dikutip dari Rideapart, Sabtu (29/3/2019).

Yamaha mengungkap salah satu teknologi yang akan digunakan yakni counter rotating crankshaft yang digunakan pada YZR-M1. Teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan akselerasi tanpa membuang traksi dan kontrol roda. Selain itu adapula teknologi yang mempertahankan tenaga mesin saat perpindahan kopling sehingga tenaga motor tak turun.

Sayangnya Yamaha belum mau mengungkap rencana peluncuran teknologi YZR-M1 pada motor R1 yang diproduksi masal.

Sumber: Okezone.com

BAGIKAN ARTIKEL INI
Bandar36

Berita MotoGP Berita Olahraga Terbaru Berita Teknologi Terbaru Yamaha

Related Post